TIPS & TRIK‎ > ‎

MENGHILANGKAN BAU ROKOK

Tips

Kamis, 13 Februari 2014 10:30 WIB

Kabin Mobil Bau Rokok! Nih, Cara Melenyapkannya

Penulis : KL:X | Teks Editor : Bastian



Jakarta - Paling tidak mengenakkan, dalam mobil bau rokok sangat menyengat. Ini menandakan, pemilik mobil suka merokok dengan kondisi AC berfungsi. Akibatnya, bau asap rokok yang tak enak tercium hidung. 

Bisa begitu lantaran bakteri, kotoran atau abu (partikel halus) yang sebenarnya belum terlepas dari permukaan doortrim atau karpet mobil. Menghilangkan bau apek atau rokok tadi bisa dengan berbagai cara. 

Salah satunya, menggunakan alcohol spray. Cara yang terbilang murah meriah lantaran bahan dasar yang dipakai tak lain hanya cairan alkohol murni 70-90% yang banyak dijual di apotek (gbr.1).

Beli alkohol sesuai kebutuhan. Bila permukaan yang akan disemprot cukup banyak bisa beli yang kemasan 1 liter. Sebaliknya, gunakan alkohol botol kecil bila area yang akan disemprot tidak terlalu besar dan banyak.


Gunakan alat penyemprot tanaman alias spray gun tangan yang banyak dijual bebas di supermarket (gbr.2). Isi tabung sprayer dengan alkohol murni hingga habis (gbr.3).

Semprotkan langsung ke permukaan bahan fabric pada permukaan door trim atau karpet dasar dengan format kabut (mist). Lakukan secara berulang dengan metode keliling (gbr.4).

Maksudnya, bila door trim pada pintu driver sudah puas di spray, lanjutkan dengan pintu belakang kanan hingga berakhir di pintu depan kiri.

Pada saat itu, alkohol di pintu driver yang pertama kali disemprot, dipastikan sudah kering dan silakan ulangi hingga 2  atau 3 kali proses penyemprotan.

Bila kasusnya untuk menghilangkan bau asap rokok, pastikan kisi-kisi ventilasi AC juga ikut disemprot alkohol. “Cairan alkohol cepat kering dan mampu menetralisir bau sekaligus mematikan bakteri yang terbawa air kotor,” ungkap Indra Growong dari Garasi-941 Car Care di bilangan Cinere, Depok.

Namun, Indra juga mewanti-wanti untuk interior atau kabin yang dominan kulit asli atau kulit imitasi. Pastikan untuk mencoba alkohol spray dalam dosis sedikit terlebih dahulu pada tempat yang agak tersembunyi.

Maksudnya untuk memastikan semburan alkohol tadi tidak bereaksi dan merusak permukaan yang kena semprot. “Bila ternyata aman, silakan lanjut ke permukaan lebih besar dengan dosis berulang,” jelasnya. (Mobil.Otomotifnet.com)

Pengumuman Terkini


Comments